Saturday 2 February 2013

bruce lee

Bruce Lee

Bruce Jun Fan Lee atau Lǐ Zhènfán lahir 27 November 1940 di San Francissco - 20 julai 1973 di Hong Kong) adalah pengamal seni bela diri, pelakon, pengarah filem, penerbit filem, penulis lakon layar, dan pengasas konsep Jeet Kune Do-Cina yang telah dianggap secara meluas sebagai pengamal seni bela diri yang paling masyhur dan terpengaruh pada abad ke-20, serta pengamal seni bela diri yang terutama dalam sejarah, dan satu ikon kebudayaan.
Lee dilahirkan di  San Francissco California kepada ibu bapa berketurunan cina Hong Kong dan dibesarkan di Hong Kong sehingga lewat remajanya. Apabila sampai umur 18, Lee berhijrah ke Amerika Syarikat untuk memohon kewarganegaraan A.S dan menerima pendidikan tertingginya. Pada masa ini dia mula mengajar seni bela diri, sehingga kepada perfileman dan televisye



 Galeri filem-filem yang dilakonkan oleh Bruce Lee:



 1. Fist of Fury - Bruce Lee (1972)

Film ini bercerita mengenai Chen Zhen (Bruce Lee), murid terbaik dari Huo Yuanjia seorang kung-fu master pendiri organisasi bela diri Jing Wu yang sekarang ini tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Kepahlawanan Chen Zhen dalam membela harga diri negara, guru dan perguruannya telah menjadi inspirasi sepanjang masa. Apalagi karena tokoh Chen Zhen dan Huo Yuanjia serta perguruan Jing Wu, didasarkan oleh sejarah nyata, bukan sekedar dongeng belaka.



2. Enter the Dragon - Bruce Lee (1973)

 Film ini merupakan tonggak sejarah penting bagi perfilman bela diri asia. Karena untuk pertama kalinya Hollywood yang terpesona dengan kharisma dan keterampilan bela diri Bruce, bersedia mengangkat film Asia ke layar perak Hollywood. Dimana dengan otomatis Bruce Lee, Bapak dari "Mixed Martial Arts" ini menjadi superstar Asia pertama yang dapat disejajarkan dengan aktor-aktor papan atas di Hollywood pada saat itu. Di Film ini Bruce berperan sebagai Lee, seorang jago kung-fu jebolan Kuil Shaolin yang ditugaskan untuk menangkap seorang penghianat Kuil Shaolin bernama Han yang gemar melakukan pertandingan bela diri pada sebuah pulau terpencil. Lee menyamar sebagai salah seorang kontestan untuk menangkap Han. Film ini juga turut mengangkat nama Bolo Yeung yang saat itu bermain menjadi tokoh antagonis melawan Bruce Lee. Film ini turut diramaikan oleh bintang tenar hollywood pada jaman itu, Jim Kelly dan John Saxon yang berperan sebagai teman seperjuangan Bruce Lee.


 



 


0 comments:

Post a Comment